Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P ) VII . 1
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami makhorijul
khuruf dan menerapkan dalam praktik membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1
Siswa mampu menjelaskan makhorijul huruf dengan baik
dan benar
1.2
Siswa mampu menerapkan makhorijul huruf dengan baik dan
benar
|
Indikator
|
|
1. Menjelaskan
pengertian makhorijul khuruf
2. Menyebutkan
macam-macam kelompok makhorijul khuruf
3. Membedakan
macam-macam kelompok makhorijul khuruf
4. Mempraktikkan
pengucapan khuruf-khuruf Al-Qur’an
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit
|
B.
Tujuan
Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan pengertian makhorijul khuruf
2.
Menyebutkan macam-macam kelompok makhorijul khuruf
3.
Membedakan macam-macam kelompok makhorijul khuruf
4.
Mempraktikkan pengucapan khuruf-khuruf Al-Qur’an
C.
Materi
Pembelajaran:
1.
Pengertian makhorijul hkuruf
2.
Pembagian makhorijul khuruf
D.
Metode
Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi (lebih detail)
·
Guru memotivasi siswa
mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
·
Guru memilih beberapa
siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk
menjadi tutor sebaya.
·
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya
dalam setiap kelompok.
|
10 menit
|
Ceramah
Tutor Sebaya
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan pengertian Makhorijul huruf
·
Guru menjelaskan pembagian Makhorijul huruf
·
Guru mendemonstrasikan Makhorijul huruf
dengan baik dan benar
·
Siswa berlatih membacanya
dengan metode tutor sebaya.
·
Tutor sebaya menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
|
3
|
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
·
Guru memberikan tugas latihan membaca
Al-Qur'an (surat
dan ayat) dengan
Makhorijul huruf yang baik dan benar
·
Pemberian motivasi akhir
·
Guru menutup pelajaran
dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber
Belajar:
·
Buku Teks
BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G.
Penilaian
1.
Teknik :
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1. Jelaskan
pengertian makhorijul khuruf.?
2. Sebutkan
macam-macam kelompok makhorijul khuruf.!
3. Tuliskan
huruf-huruf Hijaiyah dengan baik dan benar.?
Jawaban:
1.
Makhorijul huruf adalah tempat keluarnya huruf-huruf
2.
Keluar dari Tenggorokan (Halqi), Lidah (Lisani) dan Bibir (Syafawi).
3.
أ – ب – ت – ث - ج - خ – د – ذ – ر
– ز – س – ش – ص – ض – ط – ظ – الخ ......
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal
X 100 %
Jumlah
Soal Benar
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
HURUF – HURUF
HIJAIYAH
|
||||||||
أ
|
ب
|
ت
|
ث
|
ج
|
ح
|
خ
|
د
|
ذ
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) VII .
2
A. Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom
Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menunjukkan dan
Menjelaskan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah.
2.
Membedakan Hukum
Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idhar Qomariyah
3.
Mempraktekkan Hukum
Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah dalam surat-surat Al-Qur’an.mampu
mempratikkan makhorijul huruf dengan
baik dan benar
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah
2.
Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
3.
Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah
4.
Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah
5.
Menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
6.
Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah
7.
Menunjukkan pengertian Idghom Syamsiyah
8.
Menunjukkan
hukum bacaan Idghom Syamsiyah
9.
Menunjukkan
huruf Idghom Syamsiyah
10.
Menunjukkan
pengertian Idzhar Qomariyah
11.
Menunjukkan
hukum bacaan Idzhar Qomariyah
12.
Menunjukkan
huruf Idzhar Qomariyah
13.
Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Al Qomariyah.
14.
Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Idzhar Qomariyah.
15.
Mempraktekkan bacaan Idghom Syamsiyah dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
16.
Menerapkan bacaan Idhar Qomariyah . dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
16 X 40 menit
|
B. Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah
2.
Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
3.
Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah
4.
Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah
5.
Menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
6.
Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah
7.
Menunjukkan pengertian Idghom Syamsiyah
8.
Menunjukkan hukum
bacaan Idghom Syamsiyah
9.
Menunjukkan huruf
Idghom Syamsiyah
10.
Menunjukkan
pengertian Idzhar Qomariyah
11.
Menunjukkan hukum
bacaan Idzhar Qomariyah
12.
Menunjukkan huruf
Idzhar Qomariyah
13.
Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Al Qomariyah.
14.
Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Idzhar Qomariyah.
15.
Mempraktekkan bacaan Idghom Syamsiyah dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
16.
Menerapkan bacaan Idhar Qomariyah dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
C. Materi Pembelajaran:
- Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
D. Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Tadarus surat-surat pendek
·
Guru memilih beberapa
siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk
menjadi tutor sebaya.
·
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya
dalam setiap kelompok
|
10 menit
|
Ceramah
Tutur Sebaya
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan pengertian, hukum bacaan
dan huruf-huruf Idghom Syamsiyah dan Idzhar Qomariyah
·
Guru menunjukkan huruf-huruf Idghom
Syamsiyah dan Idzhar Qomariyah dalam surat-surat pendek
·
Guru membandingkan antara bacan Idghom
Syamsiyah dan Idzhar Qomariyah
·
Siswa mempraktekkan bacaan Idghom Syamsiyah dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
·
Siswa menerapkan bacaan Idhar Qomariyah dalam bacaan surat
surat
al-Qur’an dengan benar
·
Siswa mencari contoh dalam
Al-Qur’an bacaan Ismam dan imalah
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
|
3
|
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini
·
Guru memberikan tugas
pekerjaan rumah mencari dan menunjukkan bacan Idghom Syamsiyah dan Idzhar
Qomariyah
·
Guru menutup pelajaran
dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F. Sumber Belajar:
·
Buku Teks
BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G. Penilaian
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1.
Apa pengertian dari Lam Ta'rif.?
2.
Jelaskan pengertian Idghom Syamsiyah.!
3.
Jelaskan pengertian Idzhar Qomariyah.!
Jawaban:
1.
Lam Ta'rif adalah
lam yang masuk pada kata benda (isim) dan didahului oleh Hamzah Washol
2.
Idghom Syamsiyah
yakni apabila Lam Ta'rif bertemu dengan huruf-huruf Syamsyiah yang harus dibaca
samar.
3.
Idzhar Qomariyah
yakni apabila Lam Ta'rif bertemu dengan huruf-huruf Qomariyah yang harus dibaca
terang / jelas.
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal X 100 %
Jumlah
Soal Benar
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
LAM TA'RIF
|
|
IDGHOM SYAMSIYAH
|
IDZHAR QOMARIYAH
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) VII . 3
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
kaidah menulis huruf-huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis huruf huruf Al
Qur’an lepas berharokat dengan baik dan benar
2.
Siswa mampu menerapkan kaidah menulis huruf huruf Al
Qur’an lepas berharokat dengan baik dan benar
3.
Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis huruf huruf
Al Qur’an bersambung berharokat dengan baik dan benar
4.
Siswa mampu menerapkan kaidah menulis huruf huruf
Al Qur’an bersambung berharokat dengan baik dan benar
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an lepas
berharokat dengan baik dan benar
2.
Menerapkan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an
lepas berharokat dengan baik dan benar
3.
Menjelaskan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an
bersambung berharokat dengan baik dan
benar
4.
Menerapkan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an
bersambung berharokat dengan baik dan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
16 X 40 menit
|
B.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an lepas
berharokat dengan baik dan benar
2.
Menerapkan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an
lepas berharokat dengan baik dan benar
3.
Menjelaskan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an
bersambung berharokat dengan baik dan benar
4.
Menerapkan kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an
bersambung berharokat dengan baik dan benar
C.
Materi Pembelajaran:
1.
Kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an lepas berharokat
dengan baik dan benar
2.
Kaidah menulis huruf huruf Al Qur’an bersambung berharokat
dengan baik dan benar
D.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan yang ada
dalam al-Qur’an.
|
10 menit
|
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan kaidah menulis huruf-huruf Al-Qura'n
lepas dan bersambung dengan baik dan benar.
·
Guru mempraktikan kaidah menulis huruf-huruf
Al-Qura'n baik yang lepas dan bersambung dengan baik dan benar dalam
surat-surat pendek.
·
Siswa mempraktikan kaidah menulis huruf-huruf
Al-Qura'n baik yang lepas dan bersambung dengan baik dan benar dalam
surat-surat pendek.
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini.
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah menulis
huruf-huruf Al-Quran baik yang lepas dan bersambung dengan baik dan benar
pada surat-surat pendek.
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi, Peka, Kritis)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G.
Penilaian
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1.
Tuliskan QS. An – Nas dari ayat 1 – 3 dengan huruf
lepas berharokat.!!
2.
Tuliskan QS. An – Nas dari ayat 1 – 3 dengan huruf
bersambung berharokat.!!
Jawaban:
1.
قُ لْ أ َعُ وْ
ذ ُبِ رَ بِّ ا ل نَّ ا سِ * مَ ا لِ كِ ا ل نَّ ا سِ * ا
ِل َهِ ا ل ن َّاسِ
2.
قُلْ
أَعُوْذُبِرَبِّ النَّاسِ * مَالِكِ النَّاسِ *
اِلَهِ النَّاسِ
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal X 100 %
Jumlah Soal Benar
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P ) VII . 4
B.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / II
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami dan Menerapkan Hukum
Bacaan Nun Mati / Tanwin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Nun mati
/Tanwin.
2.
Membedakan hukum bacaan Nun mati /Tanwin
3.
Menerapkan hukum bacaan Nun mati /Tanwin dalam bacaan
surat-surat Al Qur’an
4.
Menerapkan hukum bacaan Nun mati /Tanwin dalam bacaan
surat-surat Al Qur’an.
|
Indikator
|
|
1.
Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Nun mati/Tanwin
bila bertemu dengan huruf : Idhar, Idghom
bi ghunnah, Idghom bila ghunnah,Iqlab dan Ihfak.
2.
Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Idhar,
Idghom bi ghunnah, Idghom bila ghunnah,Iqlab dan Ihfak.
3.
Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
20 X 40 menit
|
C.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1.
Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Nun mati/tanwin
bila bertemu dengan huruf : Idhar, Idghom
bi ghunnah, Idghom bila ghunnah,Iqlab dan Ihfak.
2.
Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Idhar,
Idghom bi ghunnah, Idghom bila ghunnah,Iqlab dan Ihfak.
3.
Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran:
- Hukum baca Nun mati /Tanwin
E.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran dengan salam dan mengabsen
siswa
·
Tadarus surat-surat pendek, guru menjelaskan isi dari kandungan dari
surat yang telah dibaca bersama – sama.
·
Apersepsi
|
10 menit
|
Ceramah
Tutur Sebaya
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan pengertian, hukum bacaan dan
huruf-huruf Nun Mati / Tanwin
·
Guru menunjukkan huruf-huruf Nun Mati / Tanwin
dalam surat-surat pendek
·
Guru mempraktekkan bacaan Nun Mati / Tanwin dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan
benar
·
Siswa menerapkan bacaan Nun Mati / Tanwin dalam bacaan surat
surat al-Qur’an dengan benar
·
Siswa mencari contoh dalam Al-Qur’an bacaan yang
mengandung bacaan Nun Mati / Tanwin
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah mencari dan
menunjukkan bacan Nun Mati / Tanwin
·
Guru menutup pelajaran dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
G.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
H.
Penilaian
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1.
Sebutkan hukum-hukum bacaan Nun mati / Tanwin.!
2.
Jelaskan hukum bacaan Idghom Bi Ghunnah.!
3.
Berilah contoh kalimat yang mengandung bacaan iqlab
dari hasil pencarian di Al Qur’an
Jawaban:
1.
Idzhar Halqi, Idghom Bi Ghunnah, Idghom Bila Ghunnah,
Iqlab dan Ikhfa'.
2.
Idghom Bi Ghunnah adalah apabila Nun mati / Tanwin
bertemu dengan huruf ي – ن – م – و :
3.
أَبَداّ بِمَا / مِنْ بَعْدِ
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal X 100 %
Jumlah
Soal Benar
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
NUN MATI /
TANWIN
|
||||
Idzhar Halqi
|
Idghom Bi Ghunnah
|
Idghom Bila Ghunnah
|
Iqlab
|
Ikhfa'
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) VII . 5
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / II
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Membaca dan
menghafal Al Qur’an Surat-surat pendek pilihan dengan baik dan benar (Tartil)
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Membaca Al Qur’an
surat-surat pendek
2.
Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
|
Indikator
|
:
|
1.
Membaca Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
2.
Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
3.
Mengartikan Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar
4.
Menyalin Al Qur’an surat-surat pendek dengan baik dan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 X 40 menit
|
B.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1.
Membaca Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
2.
Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
3.
Mengartikan Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar
4.
Menyalin Al
Qur’an surat-surat pendek dengan
baik dan benar
C.
Materi Pembelajaran:
- QS. Surat :An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, An-Nashr, Al-Kafirun dan Al-Kautsar
D.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan yang ada
dalam al-Qur’an.
|
10 menit
|
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan bacaan Al-Qura'n dengan baik dan
benar sesuai hukum tajwid yang sudah dipelajari.
·
Guru mempraktikan bacaan Al-Qura'n dengan baik dan
benar sesuai hukum tajwid yang sudah dipelajari dalam surat-surat pendek.
·
Siswa mempraktikan bacaan Al-Qura'n dengan baik
dan benar sesuai hukum tajwid yang sudah dipelajari dalam surat-surat pendek secara
berkelompok dan individu.
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini.
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah menghafal
surat-surat pendek yang sesuai dengan materei yang diajarkan
·
Guru menutup pelajaran dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi,Peka, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G.
Penilaian
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
SURAT – SURAT
PENDEK
|
||||||
An-Nas
|
Al-Falaq
|
Al-Ikhlas
|
Al-Lahab
|
An-Nashr
|
Al-Kafirun
|
Al-kautsar
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P ) VII . 6
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / II
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami dan Menerapkan Hukum
Bacaan Mim Mati
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati.
2.
Membedakan hukum bacaan Mim mati
3.
Menerapkan hukum bacaan Mim mati dalam bacaan
surat-surat Al Qur’an
|
Indikator
|
:
|
1.
Menunjukkkan dan Menjelaskan
hukum bacaan Mim mati bila bertemu dengan huruf : Mim ( Idghom mimi ). Bak ( Ikhfak safawi ) Selain huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi )
2.
Memberi contoh kalimat yang
mengandung bacaan Mim ( Idghom mimi ).
Bak ( Ikhfak safawi ) Selain huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi )
3.
Menerapkan hukum bacaan Mim mati
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 X 40
menit
|
B.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1. Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati
bila bertemu dengan huruf : Mim ( Idghom mimi ). Bak ( Ikhfak safawi ) Selain huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi )
2. Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Mim ( Idghom mimi ). Bak ( Ikhfak safawi ) Selain huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi )
3. Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim
mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
C.
Materi Pembelajaran:
- Hukum bacaan Mim mati
D.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran dengan salam dan mengabsen
siswa
·
Tadarus surat-surat pendek, guru menjelaskan isi dari kandungan dari
surat yang telah dibaca bersama – sama.
·
Apersepsi
|
10 menit
|
Ceramah
Tutur Sebaya
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan pengertian, hukum bacaan dan
huruf-huruf Nun Mati / Tanwin dan Mim Mati
·
Guru menunjukkan huruf-huruf Mim Mati dalam
surat-surat pendek
·
Guru mempraktekkan bacaan Mim Mati dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan
benar
·
Siswa menerapkan bacaan Mim Mati dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan
benar
·
Siswa mencari contoh dalam Al-Qur’an bacaan yang
mengandung bacaan Mim Mati
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah mencari dan
menunjukkan bacan Mim Mati
·
Guru menutup pelajaran dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G. Penilaian
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1.
Sebutkan hukum-hukum bacaan Mim mati.!
2.
Jelaskan hukum bacaan Ikhfa' Syafawi.!
3.
Berilah contoh kalimat yang mengandung bacaan Idzhar
Syafawi dari hasil pencarian di Al Qur’an.!
Jawaban:
1.
Idzhar Syafawi, Idghom Mimi dan Ikhfa' Syafawi.
2.
Idzhar Syafawi adalah apabila Mim mati bertemu dengan huruf Ba ب
3.
عَلَيْكُمْ
شَهِيْداً
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal X 100 %
Jumlah
Soal Benar
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
MIM MATI
|
||
Idzhar Syafawi
|
Idghom Mimi
|
Ikhfa' Syafawi
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP.19600809 198202 1 004 NIP. 19741208 200604 2 017
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) VII .
7
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / II
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami dan Menerapkan Hukum
Bacaan Nun dan Mim Bertasydid
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1. Menunjukkan dan Menjelaskan hukum baca Nun dan Mim Bertasydid.
2. Membedakan hukum bacaan Nun
dan Mim Bertasydid
3. Menerapkan hukum bacaan Nun
dan Mim Bertasydid dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
4. Menerapkan hukum bacaan Nun
dan Mim Bertasydid dalam bacaan surat-surat Al Qur’an.
|
Indikator
|
:
|
1.
Menunjukkan dan Menjelaskan
hukum bacaan Nun
dan Mim Bertasydid
2.
Memberi contoh kalimat yang
mengandung bacaan
Nun dan Mim Bertasydid
3.
Membedakan hukum bacaan Nun dan Mim
Bertasydid
4.
Menerapkan hukum bacaan Nun dan Mim
Bertasydid dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit
|
B.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1. Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Nun dan
Mim Bertasydid
2. Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Nun
dan Mim Bertasydid
3. Membedakan hukum bacaan Nun dan Mim Bertasydid
4. Menerapkan hukum bacaan Nun dan Mim Bertasydid
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
C.
Materi Pembelajaran:
- Hukum bacaan Nun dan Mim Bertasydid
D.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran dengan salam dan mengabsen
siswa
·
Tadarus surat-surat pendek, guru menjelaskan isi dari kandungan dari
surat yang telah dibaca bersama – sama.
·
Apersepsi
|
10 menit
|
Ceramah
Tutur Sebaya
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan pengertian, hukum bacaan dan
huruf-huruf Nun dan Mim Bertasydid
·
Guru menunjukkan huruf-huruf Nun dan Mim
Bertasydid dalam
surat-surat pendek
·
Guru membandingkan antara bacaan yang mengandung
hukum bacaan Nun dan Mim Bertasydid
·
Guru mempraktekkan bacaan Nun dan Mim
Bertasydid dalam bacaan surat
surat al-Qur’an dengan benar
·
Siswa menerapkan bacaan Nun dan Mim
Bertasydid dalam bacaan surat
surat al-Qur’an dengan benar
·
Siswa mencari contoh dalam Al-Qur’an bacaan yang
mengandung bacaan Nun dan Mim Bertasydid
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah mencari dan
menunjukkan bacan Nun Mati / Tanwin dan Mim Mati
·
Guru menutup pelajaran dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G.
Penilaian
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1.
Bagaiamana cara membaca hukum bacaan Nun dan Mim
bertsaydid.?
2.
Apa arti dari Ghunnah.?
3.
Berilah contoh kalimat yang mengandung bacaan Nun dan
Mim bertsaydid dari hasil pencarian di Al Qur’an.!
Jawaban:
1.
Yaitu dengan cara mendengungkan huruf Nun dan Mim
bertsaydid di pangkal hidung selama 2-3 harokat.
2.
Ghunnah artinya mengdengung ( di pangkal hidung )
3.
اَلْجَنَّةُ /
أُمَّةٌ
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal X 100 %
Jumlah
Soal Benar
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
NUN DAN MIM
TASYDID
|
|
Nun Tasydid
|
Mim Tasydid
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) VII . 8
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / II
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
2.
Siswa mampu menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
2.
Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
3.
Menulis bunyi kata dan kalimat dengan baik dan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 X 40 menit
|
B.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan
baik dan benar
2.
Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan
baik dan benar
3.
Menulis bunyi kata dan kalimat dengan baik dan benar
C.
Materi Pembelajaran:
- kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
D.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan yang ada
dalam al-Qur’an.
|
10 menit
|
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar.
·
Guru mempraktikan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik
dan benar dalam surat-surat pendek.
·
Siswa mempraktikan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik
dan benar dalam surat-surat pendek.
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini.
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah menulis kata dan kalimat dengan baik
dan benar pada surat-surat Pendek.
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G.
Penilaian
Ä Tes Tulis
Contoh
Soal:
1.
Tuliskan contoh kata dalam QS.Al – Quraisy dengan baik
dan benar.!!
2.
Tuliskan contoh kalimat dalam QS.Al – Fiil dengan baik
dan benar.!!
Jawaban:
1.
قُرَيْشٍ ( 1 ) –
فَلْيَعْبُدُ ( 3 ) – خَوْفٌ ( 4 )
2.
اَلَمْ
تَرَكَيْفَ فَعَلَ رَبًّكَ بِأَ صْحَبِ اْلفِيْلِ
( 1 )
Ø Skor
Penilaian : Jumlah Soal X 100 %
Jumlah Soal Benar
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) VII . 9
A.
Identitas:
Sekolah
|
:
|
KELOMPOK 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mulok Baca Tulis Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / II
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Membaca dan
menghafal Al Qur’an Surat-surat pendek pilihan dengan baik dan benar (Tartil)
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Membaca Al Qur’an
surat-surat pendek
Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
|
Indikator
|
:
|
Membaca Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
Mengartikan Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar
Menyalin Al Qur’an surat-surat pendek dengan baik dan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 X 40 menit
|
B.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa
dapat :
Membaca Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar (Tartil)
Mengartikan Al Qur’an
surat-surat pendek dengan
baik dan benar
Menyalin Al
Qur’an surat-surat pendek dengan
baik dan benar
C.
Materi Pembelajaran:
- QS. Surat :Al-Mau'n, Al-Quraisy, Al-Fiil, Al-Humazah, Al-'Ashr, At-Takatsur dan Al-Qori'ah
D.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tutor sebaya
- Tanya jawab
- Penugasan
- CTL
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan yang ada
dalam al-Qur’an.
|
10 menit
|
Ceramah
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan bacaan Al-Qura'n dengan baik dan
benar sesuai hukum tajwid yang sudah dipelajari.
·
Guru mempraktikan bacaan Al-Qura'n dengan baik dan
benar sesuai hukum tajwid yang sudah dipelajari dalam surat-surat pendek.
·
Siswa mempraktikan bacaan Al-Qura'n dengan baik
dan benar sesuai hukum tajwid yang sudah dipelajari dalam surat-surat pendek
secara berkelompok dan individu.
|
75 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini.
·
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah menghafal
surat-surat pendek yang sesuai dengan materei yang diajarkan
·
Guru menutup pelajaran dengan salam
|
5 menit
|
Tanya jawab
Penugasan
|
1.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan I diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Religius, Cinta ilmu)
2.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan II diatas adalah : Teliti, Ingin
tahu, Konsentrasi)
3.
(Nilai-nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan III diatas adalah : Teliti, Disiplin)
F.
Sumber Belajar:
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Mushaf Al-Quran / Juz Ammah
G.
Penilaian
Ä Tes Lisan
NO
|
NAMA
|
SURAT – SURAT
PENDEK
|
||||||
Al-Mau'n
|
Al- Quraisy
|
Al-Fiil
|
Al-Humazah
|
Al-'Ashr
|
At-Takatsur
|
Al-Qori'ah
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor : 10 – 100
Sempurna : 80 – 100
Cukup : 60 – 70
Kurang : 0 – 50
Mengetahui, Bondowoso, 04 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
BTA,
KEPALA
SEKOLAH GURU PAI
NIP. NIP.